Berita & Informasi Terkini

Fitch Menetapkan Peringkat perdana Sinarmas Hana Finance di A+

Posted on 27 February 2018

Fitch Ratings-Jakarta-15 January 2018:
Fitch Ratings Indonesia telah menetapkan Peringkat Nasional Jangka Panjang untuk perusahaan pembiayaan mobil Indonesia, PT Sinarmas Hana Finance (SHF), di ‘A+(idn)’. Outlook Stabil.

Peringkat nasional di kategori ‘A’ menunjukkan ekspektasi akan resiko gagal bayar yang relatif rendah terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia. Namun adanya perubahan pada keadaan atau kondisi ekonomi bisa saja mempengaruhi kapasitas untuk membayar secara tepat waktu dibandingkan komitmen keuangan yang ditunjukkan oleh kategori peringkat yang lebih tinggi.

FAKTOR-FAKTOR PENGGERAK PERINGKAT
Peringkat SHF didorong oleh ekspektasi Fitch terhadap probabilitas dukungan ekstraordinari yang moderat jika dibutuhkan dari induknya, Hana Capital Co., Ltd (Hana Capital) yang berbasis di Korea. Hana Capital adalah anak perusahaan Hana Financial Group yang bergerak di bidang pembiayaan otomotif dan durable goods.

Namun, dukungan tersebut terbatas, karena Fitch memandang SHF sebagai anak perusahaan dengan kepentingan terbatas bagi induknya berdasarkan kepemilikan saham Hana Capital sebesar 55% dan pengaruh signifikan pemegang saham minoritas PT Bank KEB Hana Indonesia (30%; BBB / AAA (idn ) / Stabil) dan PT Sinarmas Multiartha Tbk (15%) dalam operasional SHF. Hal ini tercermin dari penggunaan branding perusahaan yang sama dan pendapat kami bahwa manajemen mempunyai tingkat independensi yang signifikan dalam strategi bisnis dan operasi perusahaan, terlepas dari pengawasan ketat oleh Hana Capital terhadap anak perusahaannya. Pandangan kami juga didasarkan oleh keterbatasan sejarah dan jaringan operasi SHF, kerugian yang dialami sejak tahun 2016 dan kontribusinya yang kecil terhadap keseluruhan franchise Hana Capital.

Didirikan pada tahun 2015, SHF merupakan anak perusahaan pembiayaan Hana Capital pertama yang berbasis di luar negeri. SHF bergerak dalam pembiayaan konsumen yang berfokus pada mobil bekas. Total aset dan ekuitasnya menyumbang kurang dari 2% hasil konsolidasi Hana Capital pada akhir 1H17. Perusahaan mencatat ROA tahunan sebesar -2,8% selama 9M17 disebabkan pengembangan jaringan domestik dan pertumbuhan bisnisnya yang terus berjalan. SHF memiliki 9 cabang yang berada di pulau Jawa pada akhir 9M17 dan rencananya akan membuka tambahan cabang lagi pada akhir 2018.

SENSITIVITAS PERINGKAT
Tekanan ke bawah, termasuk kemungkinan penurunan multi-peringkat, dapat timbul dari perkembangan yang menyebabkan melemahnya dukungan dari Hana Capital, seperti misalnya penurunan kepemilikan yang signifikan atau kinerja operasi yang di bawah ekspektasi secara material dari SHF, sehingga menyimpang dari tujuan induknya.

Peringkat SHF sensitif terhadap penilaian Fitch terhadap kekuatan kredit intrinsik Hana Capital, yang menurut Fitch lebih baik dari pada anak perusahaannya. Setiap perubahan material di peringkat Hana Capital akan mengarah pada tinjauan terhadap penilaian SHF. Perubahan kelayakan kredit SHF relatif terhadap semesta emiten di Indonesia, termasuk negara Indonesia, juga dapat menyebabkan perubahan dalam penilaiannya.

Peningkatan signifikan atas kepemilikan oleh Hana Capital atau kinerja keuangan yang jauh lebih baik oleh SHF, yang kemungkinan menghasilkan peningkatan kontribusi kepada franchise dan profil kredit induknya, dapat mendorong kami untuk melihat SHF sebagai anak perusahaan strategis dari Hana Capital, yang dapat menyebabkan kenaikan peringkat.

Kontak:
Analis Utama
Gary Hanniffy, CFA
Director
+6221 2988 6808
PT Fitch Ratings Indonesia
DBS Bank Tower Level 24
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav.3-5
Jakarta, Indonesia 12910

Ketua Komite
Jonathan Lee
Senior Director
+886 2 8175 7601

Tanggal komite yang relevan : 20 Desember 2017

Media Relations: Leslie Tan, Singapore, Tel: +65 67 96 7234, Email: leslie.tan@fitchratings.com.

Catatan: Peringkat Nasional Fitch menggambarkan ukuran relatif atas kredibilitas entitas yang diperingkat di negara-negara yang memiliki peringkat sovereign relatif rendah dan ada kebutuhan untuk dilakukan pemeringkatan dimaksud. Peringkat terbaik di suatu negara adalah 'AAA' dan peringkat lainnya menggambarkan tingkat risiko relatif terhadap peringkat 'AAA'. Peringkat nasional dirancang untuk digunakan oleh sebagian besar investor lokal di pasar lokal dan diidentifikasi dengan menggunakan tambahan tanda sesuai dengan negara masing-masing. Sebagai contoh 'AAA(idn)' untuk Peringkat Nasional di Indonesia. Karenanya, peringkat ini tidak dapat dibandingkan secara internasional.



Sumber : https://www.fitchratings.com/site/pr/1035053