Tata Kelola Perusahaan

Kode Etik Perusahaan

Piagam Etik Hana Financial Group

 

Pejabat dan karyawan Hana harus menempatkan prioritas pada nilai-nilai etik berdasarkan etik dan tanggung jawab, dalam rangka memberikan layanan keuangan yang memungkinkan nasabah dan karyawan untuk menjadi bahagia dan berkembang bersama.

            Pejabat dan karyawan Hana harus mematuhi semua ketentuan hukum dan prinsip-prinsip yang berlaku, menarik garis yang jelas antara ruang publik dan pribadi, dan memperlakukan semua orang, termasuk nasabah, dengan semangat saling menghormati dan kerjasama.

            Pejabat dan karyawan Hana harus mengemban tanggung jawab mereka untuk membantu Hana Financial Group mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari anggota Grup, nasabah, dan masyarakat dengan mewujudkan pola pikir "Saya mewakili perusahaan," dan selalu menjalankan tugas dengan cara yang dewasa.

 


Code One

Kode Etik Hana Financial Group.

 

Pertanyaan Sebagai Pertimbangan Etika

Apakah keputusan saya sudah sesuai dengan Code One?

Apakah tidak akan ada masalah jika tindakan yang akan saya lakukan diungkapkan kepada media dan / atau karyawan lain?

Apakah orang lain akan membuat keputusan yang sama jika mereka berada dalam situasi yang sama seperti saya?

 

Jika Anda menjawab "Ya" untuk semua pertanyaan di atas, anda dapat bertindak berdasarkan pertimbangan etik.

Jika sulit untuk membuat keputusan sendiri, silahkan mendiskusikan hal tersebut dengan unit yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan etik dan / atau kepatuhan.

 

Bab 1

Sikap Pejabat dan Karyawan

 

  1. [Rasa Tanggung Jawab Terhadap Tugas] pejabat dan karyawan Hana harus melaksanakan tugas-tugas mereka dengan rasa tugas dan tanggung jawab yang kuat berdasarkan integritas dan transparansi.
  2. [Saling Menghormati dan Larangan Diskriminasi] pejabat dan karyawan Hana harus menghormati dan tidak akan melakukan diskriminasi terhadap satu sama lain karena alasan apapun atas dasar kebangsaan, jenis kelamin, latar belakang pendidikan seseorang, dan atas dasar alasan lainnya.
  3. [Pemisahan Persoalan Publik dan Pribadi] pejabat dan karyawan Hana harus menarik garis yang jelas antara urusan publik dan pribadi dan tidak akan mengejar kepentingan pribadi.
  4. [Kepatuhan] pejabat dan karyawan Hana harus memahami dan mentaati kebijakan yang berkaitan dengan kepatuhan dan kode etik.
  5. [Perlindungan Informasi] pejabat dan karyawan Hana wajib melindungi informasi tentang pelanggan dan perusahaan, dan tidak akan menggunakan informasi tersebut untuk kepentingan pribadi mereka atau kepentingan pihak ketiga.
  6. [Perlindungan Aset Perusahaan] pejabat dan karyawan Hana harus menggunakan dan melindungi aset berwujud dan tidak berwujud perusahaan, termasuk citra perusahaan.
  7. [Pelaksanaan Pengeluaran] pejabat dan karyawan Hana akan memanfaatkan pengeluaran dengan cara yang tepat dan tidak akan menggunakan anggaran mereka untuk kepentingan pribadi mereka.
  8. [Larangan terhadap Perintah yang Tidak Pantas] pejabat dan karyawan Hana tidak akan memberi perintah yang tidak pantas kepada bawahan dan tidak akan mengikuti perintah yang tidak pantas dari atasannya.
  9. [Larangan terhadap Pelecehan Seksual] pejabat dan karyawan Hana tidak boleh terlibat dalam perilaku seksual yang tidak pantas menyebabkan penghinaan atau rasa malu.
  10. [Larangan terhadap Pemberian Pinjaman Pribadi] petugas Hana dan karyawan tidak akan meminjamkan uang atau meminjam uang dari pelanggan atau dari petugas atau karyawan lain dan tidak akan memperpanjang jaminan untuk orang-orang tersebut.
  11. [Larangan terhadap Konflik Kepentingan] pejabat dan karyawan Hana tidak akan terlibat dalam konflik kepentingan dengan nasabah atau perusahaan (investasi, transaksi bisnis, dsb) dan tidak akan mengambil posisi bersamaan pada perusahaan yang berbeda tanpa persetujuan terlebih dahulu dari perusahaan.
  12. [Larangan Menerima Hadiah atau sejenisnya] pejabat dan karyawan Hana tidak akan menerima atau meminta manfaat berwujud atau tidak berwujud seperti uang atau hadiah dari pihak yang berkepentingan.
  13. [Whistle-blowing dan Perlindungan terhadap Whistle blower] pejabat dan karyawan Hana wajib melaporkan setiap pelanggaran kepatuhan dan / atau kode etik dan kemungkinan pelanggaran kepatuhan atau kode etik ke divisi yang bertanggung jawab etik, kepatuhan, atau audit dan pemeriksaan; dan perusahaan akan melindungi identitas whistle blower dan mencegah kemungkinan kerugian terhadap whistle blower.
  14. [Aktivitas Luar] pejabat dan karyawan Hana tidak akan mengungkapkan pendapat mereka tentang bisnis perusahaan kepada media luar, publikasi, dan ceramah tanpa persetujuan terlebih dahulu dari perusahaan.
  15. [Larangan terhadap Kegiatan Politik] petugas Hana dan karyawan tidak akan terlibat dalam kegiatan politik dalam perusahaan dan tidak akan mengungkapkan opini politik yang dapat mempengaruhi perusahaan secara eksternal.
  16. [Pencatatan dan Dokumentasi] pejabat dan karyawan Hana secara akurat harus menyiapkan dan menyimpan setiap catatan, bahan, dan / atau informasi yang berkaitan dengan bisnis, dan tidak akan memalsukan atau membuat laporan palsu mengenai catatan, bahan, dan / atau informasi yang berkaitan dengan bisnis.
  17. [Kerjasama antara Anggota Grup] pejabat dan karyawan Hana harus saling bekerja sama untuk kepentingan nasabah dan Grup dan tidak boleh terlibat dalam transaksi yang tidak adil.

 

Bab 2

Sikap Terhadap Pejabat dan Karyawan

 

  1. [Evaluasi dan Imbalan yang Adil] Sebuah perusahaan harus mengevaluasi dan memberikan kompensasi kepada petugas dan karyawan berdasarkan standar yang adil.
  2. [Penyediaan Peluang Berkembang] Perusahaan harus memberikan kesempatan untuk pengembangan diri dalam upaya untuk meningkatkan keahlian dan / atau kemampuan karyawan.
  3. [Kepuasan Anggota Grup] Perusahaan harus melakukan upaya-upaya untuk membantu pejabat dan karyawan mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan dan menikmati kehidupan berkeluarga dan pribadi yang sehat.

 

Bab 3

Sikap Terhadap Pihak Terkait

 

  1. [Perlindungan terhadap Aset Nasabah] pejabat dan karyawan Hana akan menyediakan produk dan layanan yang dapat dipercaya yang memuaskan nasabah dan melindungi asset nasabah, berdasarkan kewajiban berdasarkan hukum.
  2. [Perlindungan terhadap Hak untuk Mengetahui Nasabah] pejabat dan karyawan Hana harus melindungi hal untuk mengetahui nasabah dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk keputusan rasional secara tepat waktu dan akurat.
  3. [Saling Menguntungkan (win-win) dengan Perusahaan Mitra] pejabat dan karyawan Hana akan melakukan transaksi dengan perusahaan mitra secara adil dan transparan dan melakukan upaya untuk tumbuh bersama.
  4. [Perlindungan terhadapKepentingan Pemegang Saham] pejabat dan karyawan Hana harus menghormati tuntutan yang wajar dan saran dari para pemegang saham dan melakukan upaya untuk meningkatkan nilai pemegang saham.
  5. [Tanggung Jawab Sosial] pejabat dan karyawan Hana akan menciptakan nilai di masyarakat melalui kegiatan bisnis yang legal dan adil, memberikan kontribusi terhadap pembangunan negara, dan memenuhi tanggung jawab dan tugas dari perusahaan sebagai anggota masyarakat